MENYOAL DEMOKRASI DI UNIVERSITAS PAMULANG

Thursday 12 October 2017

MENYOAL DEMOKRASI DI UNIVERSITAS PAMULANG

MENYOAL DEMOKRASI DI UNIVERSITAS PAMULANG
DEMOKRASI merupakan suatu retorika sampai saat ini masih menjadi sistem oleh Bangsa Indonesia. Bahkan saat ini proses demokrasi di bangsa ini terus berkembang dengan pesat. Mulai dari Pemilihan Kepala Desa hingga Pemilihan Presiden (Pilpres) pun telah menggunakan demokrasi yang dilaksanakan secara langsung. Bagaimanapun juga, pemimpin yang dipilih langsung oleh rakyatnya merupakan pemimpin yang mendapatkan utusan dan dukungan dari rakyat.

Kalau kita melihat dengan jelas, selama ini kampus Perguruan Tinggi di mata masyarakat menganggap sebagai organisasi yang sudah mengangkat nilai-nilai demokratis secara benar. Tampak dari berbagai macam aksi, unjuk rasa mahasiswa yang semata–mata telah menyuarakan amanat rakyat. Jika kita melihat dari teriakan mahasiswa ditataran masyarakat dan tataran pemerintah memang terlihat betapa demokratisnya dunia perguruan tinggi tersebut.

BACA JUGA:

Historis Indonesia, bahwa area perguruan tinggi sangat erat kaitanya dengan kemerdekaan negara dari kaum otoriter. Mahasiswa merupakan golongan masyarakat yang mendapatkan pendidikan tertinggi, punya pandangan luas untuk bergerak diseluruh aspek kehidupan dan merupakan generasi yang bersinggungan langsung dengan kehidupan akademis dan bidang-bidang lainnya. Oleh sebab itu adanya sistem demokrasi di kampus, kalangan mahasiswa dapat menjadi proses pembelajaran politik walaupun pada akhirnya dalam tataran politik praktis, tidak diperbolehkan masuk di Perguruan Tinggi.

Ironisnya, mahasiswa sebagai rakyat di kampus Perguruan Tinggi kerap tidak diperhatikan hak suaranya dan cukup hanya bisa diam dalam hal pemilihan rektor Perguruan Tinggi, namun informasi pemilihan rektor diketahui oleh mahasiswa. Mahasiswa menjadi rakyat di kampus, mahasiswa berhak untuk memilih rektor sesuai dengan aspirasi mahasiswa. Toh akhirnya setiap kebijakan dan keputusan yang dikeluarkan rektor juga akan berdampak pada mahasiswa.

Pemilihan langsung rektor bisa disebutkan salah satu demokrasi di kampus. Namun perlu di pikirkan adanya sistem pemilihan yang sehat dan benar-benar mampu menjadi tempat pelaksanaan demokrasi yang baik dan benar-benar demokratis serta tidak menggunakan praktik-praktik yang buruk.

Misalnya kasus yang perlu mengandalkan demokrasi, sebut saja kampus Universitas Pamulang, kampus UNPAM yang berlokasi di Pamulang, Tangerang Selatan, belakangan ini media lokal terus memberitakan mengenai peraturan baru yang sangat kontroversial. Peraturan yang diberlakukan adalah larangan bercadar bagi mahasiswi dan berambut gondrong bagi mahasiswa. Bagi yang melanggar, dilarang untuk mengikuti kegiatan akademik di kampus.

Dengan prinsip mahasiswa yaitu resah dengan ketidakadilan yang terjadi disekitarnya, mahasiswa sudah seharusnya mendobrak pintu biro kampus Universitas Pamulang, karena cara tersebut dapat dikatakan sebagai bentuk demokrasi. Hingga hari ini belum ada organisasi yang terdapat di kampus UNPAM tersebut yang benar-benar menuntut menolak adanya peraturan yang kontroversial yang diberlakukan di UNPAM.

Menjadi pembelajaran berharga buat kita generasi penerus bangsa saat ini. Mahasiswa merupakan promotor perubahan dan berani mengambil resiko sampai di DO dari Perguruan Tinggi. Karena ketika mahasiswa melawan kebijakan kampus sudah jelas rektorat menganggap mahasiswa membangkang dan rektor menyuruh mahasiswa tersebut di keluarkan dari kampus. Ini fenomena saat ini terjadi di republika bangsa kita.

Dengan demikian sesungguhnya, demokrasi adalah cara untuk membangun perguruan tinggi menjadi wadah pengawasan demi menjadikan kampus akademisi profesional di hadapan masyarakat dan di hadapan dunia.

Mahasiswa dengan ideologinya akademisi, sudah seharusnya diberikan kesempatan sebagai pengawasan kebijakan rektorat kampus. Sehingga mahasiswa dapat membantu program kemajuan kampus menjadi tempat gudang ilmu.

Oleh: Teddy Setiawan
Penulis adalah mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pamulang

Buruh Datang Mengadu, Menteri Pergi 
Konsolidasi Basis FOA Di PT. Ching Luh Indonesia Tetapkan Agenda Pengorganisiran
Sampaikan Rasa Duka Kepada Buruh Korban Kebakaran Pabrik, KASBI Pertanyakan K3 Dan Prosedur Penanganan Kebakaran
Tidak Terbukti Mencuri Sepatu Rijek, Pengadilan Vonis Bebas Buruh NIKE
Kesimpulan Buruh Perempuan SEBUMI-KASBI Setelah Belajar Ekonomi Politik

0 komentar: