Contoh Surat Pengajuan Audiensi Yang Baik

Sunday 18 March 2018

Contoh Surat Pengajuan Audiensi Yang Baik

Contoh Surat Pengajuan Audiensi Yang Baik

Contoh Surat Pengajuan Audiensi I

Nomor : 22/EXT/FSBMigas/IX/2015
Perihal : Permohonan Audensi
Lampiran : 1 Berkas
Kepada Yth:
Presiden Republik Indonesia
Bpk. Joko Widodo
_di  Jakarta

Dengan hormat,

Perkenankan kami, Federasi Serikat Buruh Minyak dan Gas (FSB Migas – KASBI), sebuah federasi serikat pekerja outsourcing di PT. Pertamina dengan anggota sebanyak 3250 orang tersebar di berbagai daerah.

Dalam kesempatan ini kami hendak menyampaikan permohonan audiensi terkait persoalan-persoalan yang terjadi pada Outsourcing di PT. Pertamin (Persero) terutama mengenai status kerja yang sebenarnya juga sudah menjadi rekomendasi Panja DPR RI bulan Oktober 2013 dan terus menjadi perhatian para pihak terkait hingga saat ini.

Persoalan yang paling mengemuka saat ini adalah semakin banyaknya Perusahaan Penyedia Jasa Pekerjaan (PPJP) atau vendor  sehingga menimbulkan semakin banyaknya pelanggaran dan mengkebiri hak para buruh Outsourcing di PT Pertamina dan anak perusahaan Pertamina. Persoalan-persoalan tersebut dapat dilihat mulai dari keterlambatan upah,  kepesertaan BPJS yang begitu lambat direalisasi di beberapa daerah serta alat pelindung diri yang tidak sesuai dengan standar safety.

Untuk lebih lengkapnya, kami lampirkan kajian “Perlindungan Pekerja/Buruh Alih Daya Dalam Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) PT Pertamina” serta 4 point harapan atau tuntutan mendesak buruh outsourching PT Pertamina (persero) yaitu:

  1. Sentralisasi vendor (PPJP) pada anak perusahaan Pertamina yang kompeten
  2. Standarisasi upah nasional buruh di PT Pertamina
  3. Skala upah berdasarkan masa kerja 0 tahun bukan di tahun 2013
  4. Peningkatan fasilitas kesehatan bagi buruh outsourching Pertamina
Demikian surat ini kami sampaikan agar dapat segera di agendakan audensi untuk mendiskusikan jalan keluar dari permasalahan tersebut.

Atas perhatian dan kesediaannya kami haturkan terima kasih


Jakarta 21 September 2015

Pengurus Pusat Federasi Serikat Buruh Migas –KASBI


Iwan Setiawan
Adi Ardian
Ketua Umum
Sekretaris Jenderal

Tembusan : 

  1. Bapak Teten Masduki, Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia
  2. Pengurus Pusat Konfederasi KASBI
  3. Arsip 

Contoh Surat Pengajuan Audiensi II

Nomor : 089/EKS./FSKWI-KASBI/I/2017
Perihal : Permohonan Audensi
Lampiran : 1 Berkas
Kepada Yth
Bapak Menteri Tenagakerja
Republik Indonesia
_di Jakarta

Dengan hormat,

Sebelum kami menyampaikan perihal tersebut di atas, perkenankan kami menyampaikan selamat menjalankan aktifitas keseharian, semoga Bapak Menteri Tenagakerja Republik Indonesia dan seluruh jajaran dalam keadaan sehat walafiat, amin.

Bersama ini kami dari Koordinator Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia Wilayah Sumatera Selatan (Korwil KASBI - Sumsel) menyampaikan adanya dugaan pemberangusan serikat buruh (Union Busting) terhadap Serikat Buruh anggota KASBI Wilayah Sumsel yang dilakukan oleh perusahaan PT. Sampoerna Agro Tbk.

Sehubungan hal tersebut di atas, mohon kiranya Bapak Menteri Tenagakerja Republik Indonesia berkenan menerima kedatangan kami untuk beraudiensi membahas persoalan ini, dengan harapan agar setiap buruh di PT. Sampoerna Agro Tbk. dapat menikmati hak kebebasan berserikat sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2000 Tentang Serikat Pekerja / Serikat Buruh

Mengenai waktu dan tempat audiensi, tanpa mengurangi rasa hormat kami mempersilahkan untuk ditentukan oleh Bapak Menteri Tenagakerja Republik Indonesia dan selanjutnya dapat dikonfirmasi kepada kami melalui nomor telepon yang tertera di bawah ini.

Demikian permohonan audiensi ini kami sampaikan, atas perhatian dan waktu nya kami ucapkan terimakasih.

Palembang, __Januari 2017

Hormat Kami
Koordinator KASBI Wilayah Sumatera Selatan

Koordinator




Sekretaris




Suyono Y.
Thomas Untun R.

Tembusan:



  1. Kadisnaker Provinsi Sumatera Selatan
  2. Pengurus Pusat Konfederasi KASBI
  3. Arsip

0 komentar: