Cara Jitu Menghasilkan Uang Dari YouTube

Thursday 13 July 2017

Cara Jitu Menghasilkan Uang Dari YouTube

Cara Jitu Menghasilkan Uang Dari YouTube
Siapa yang tidak kenal YouTube? Jejaring sosial yang didirikan pada tahun 2005 oleh 3 orang mantan karyawan PayPal tersebut kini telah bertransformasi menjadi situs online yang digemari para pengguna internet di seluruh belahan dunia. Berbagai jenis video unik dan menarik yang diunggah oleh para pengguna YouTube bisa dinikmati, mulai dari video comedi, tutorial, musik, sains dan teknologi, promosi dan video lainnya. 

YouTube tidak saja memudahkan setiap orang untuk menemukan video – video yang diinginkan tapi juga memungkinkan setiap pengguna untuk berbagi momen lewat video hasil kreatif sendiri. Beragam alasan bagi para pemirsa menghabiskan waktu untuk menjelajahi gudang video itu. Misalnya mengurangi kejenuhan dengan menonton video comedi atau film yang gagal ditonton bareng pacar saat di perjalanan, mencari informasi atau referensi tugas studi dan alasan lainnya.

Pun begitu sebaliknya para YouTuber yang mengunggah video memiliki tujuan tersendiri. Ada yang mengunggah video untuk tujuan bersenang-senang, mempromosikan bisnis dan event, berbagi cerita dan informasi, dan lain sebagainya. Bahkan tak ketinggalan kalangan artis, organisasi, perusahaan, lembaga swata, dan instansi pemerintah memanfaatkan YouTube sebagai sarana untuk sosialisasi dan promosi.

Tapi tahukah anda bahwa kebiasaan menjelajah YouTube dapat anda jadikan sebagai aktifitas yang dapat menghasilkan uang. Caranya bagaimana?

Sebelum ke pokok persoalan, pertama mari kita ulas sedikit tentang layanan iklan YouTube. Anda tentu sering melihat iklan muncul di awal atau di pertengahan video yang anda tonton di YouTube bukan? Nah itu adalah Iklan video (sebelumnya dikenal sebagai iklan video sela), iklan yang dipesan dengan dasar reservasi agar muncul di video laman tontonan YouTube dan laman saluran YouTub. Iklan video dapat muncul saat pengguna mulai memutar video, baik di awal (pra-putar), di tengah-tengah (paruh-putar), atau setelahnya (pasca-putar).

Menghasilkan Uang Dari YouTube

Ok sebelumnya saya ingin menekankan bahwa tidak ada jaminan video anda di YouTube akan menghasilkan banyak uang. Artikel ini semata-mata hanya memberikan informasi langkah-langkah yang perlu dilakukan agar bisa menjadi mitra YouTube dan menghasilkan uang dari layanan mereka. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Membuat Akun YouTube

Membuat akun YouTube sangat mudah. Jika anda pernah membuat akun di salah satu produk Google (misalnya Gmail) maka akun tersebut bisa kita gunakan untuk membuat akun di YouTube. Langkah pertama adalah login ke akun Google Anda (misalnya Gmail), setelah itu buka situs YouTube.com. Nanti anda akan melihat tampilan situs YouTube seperti gambar berikut ini,
Cara Jitu Menghasilkan Uang Dari YouTube

Langkah berikutnya adalah membuat Channel untuk akun YouTube Anda. Klik link “My Channel” yang ada di sebelah kiri. Nanti akan muncul pilihan, apakah kita akan menggunakan nama asli (nama sewaktu mendaftar email) atau menggunakan nama lain sebagai nama Channel di Youtube.

Bila anda ingin membuat Channel yang unik, sebaiknya menggunakan nama lain sebagai nama Channel YouTube, misalnya nama domain website anda atau nama khusus. Klik “To use a business or other name, click here”, nanti akan diarahkan ke halaman baru. Selanjutnya pilih nama. anda bisa menggunakan nama asli ataupun nama yang menurut anda keren. Usahakan nama yang unik dan belum digunakan pengguna lain. Pilih Kategori dan beri Centang “I Agree to the Pages Terms” lalu klik Done.
Nah langkah kemudian kita atur tampilan Channel Youtube kita, sobat dapat menambahkan Gambar Profile, Cover / Samput channel, dan pengaturan lainnya. Maka anda telah selesai membuat channel youtube.

2. Mulai Upload Video Andalan Anda

Ingat bahwa sekarang bukan jaman nya lagi anda asal upload video yang asal jepret alias kurang berkualitas. Jika anda ingin menjadikan video yang anda unggah di YouTube dapat menghasilkan uang, maka anda harus mengutamakan kepuasan dan kenyamanan calon pemirsa anda. Selain memperhatikan kualitas, keaslian dan daya guna (manfaat) tentu tak kalah penting bahwa video yang akan anda bagikan tidak bertentangan dengan hukum, kesusilaan dan ketertiban umum serta bebas dari unsur SARA. Ingat jangan mengunggah video orang lain karena bisa terancam bisa terkena suspend yang berakibat channel anda di hapus serta mimpi anda untuk menghasilkan uang dari channel anda terkubur. Etdahhh...

Dalam membuat channel yang baik dengan banyak subscribe juga viewer, hindari video yang menimbulkan kebencian seperti banyak mengungkapkan kata kasar, video hoax dan tidak berguna. Memang video tersebut banyak viewernya tetapi perlu sobat ketahui bahwa yang berkualitas berbeda dengan kuantitas dan sobat perlu rajin dalam upload video, tidak masalah upload video seminggu atau bahkan tiap hari yang penting rajin.

3. Optimasi Channel & Video Anda

Untuk dapat memaksimalkan channel youtube maka anda perlu mengelolanya dengan baik. Beberapa hal yang bisa dilakukan misalnya menyajikan video yang bermanfaat dan menarik secara rutin. Tidak sembarangan upload alias asal upload. Anda juga dapat mempromosikan chancel anda melalui dua cara, yaitu: promosi dengan menyisipkan iklan promosi dalam video yang anda upload dengan memberi pesan kepada penonton untuk subscribe channel anda atau menyukai video anda. Cara lainnya dengan membagikan channel anda di media sosial. Jadi intinya promosi channel anda sebanyak banyaknya.

4. Monetisasi Video Anda

Pertama, anda harus masuk ke situs Youtube terlebih dahulu setelah itu arahkan kursor menuju bagian foto profil anda anda yang terletak di sudut sebelah kanan layar perangkat anda. Klik Creator Studio lalu pada panel sebelah kiri klik chanel / saluran

Cara Jitu Menghasilkan Uang Dari YouTube

Klik Verifikasi di sebelah nama akun anda lalu akan muncul form yang perlu anda isi dengan nama negara dan nomor telepon anda selanjutnya klik Kirimi Saya SMS masukkan nomor handphone aktif anda, karena di sini kita akan menerima Kode Verifikasi dari Google yang berupa angka 6 digit

Tunggu beberapa saat anda akan menerima kode verifikasi berupa SMS, dan masukkan kode verifikasi tersebut pada kolom yang tersedia. Sampai tahap ini status akun anda otomatis terverifikasi!

Klik lanjutkan maka anda akan kembali ke panel saluran dan pada bagian Monetisasi klik aktifkan maka akan muncul bagian baru

Cara Jitu Menghasilkan Uang Dari YouTube

Klik Aktifkan akun saya lalu akan muncul persetujuan. Centang ketiga-tiganya jangan sampai ada yang terlewatkan. Setelah itu akan muncul monetisasi video saya. Centang 2 saja, yaitu bagian atas dan tengah. Akan muncul tab monetisasi, lalu klik Paham.

Cara Jitu Menghasilkan Uang Dari YouTube

Setelah itu anda akan diarahkan pada bagian video yang sudah anda unggah sebelumnya dan anda akan menemukan simbol dollar warna hijau. Dengan demikian video anda telah Dimonetisasi! Selamat!

5. Hubungkan Chanel Anda Dengan Google Adsense

Dengan mengaitkan youtube ke akun adsense maka penghasilan atau pendapatan yang anda peroleh dari monetisasi video youtube anda akan mudah sekali dicairkan.

Syarat utama untuk bisa ditautkan antara YouTube dengan Adsense adalah anda harus memiliki akun Google Adsense. Bagi yang belum punya silahkan mendaftar di Google Adsense YouTube akan membayar anda melalui akun Google Adsense anda, salah satu Program Kemitraan YouTube (YouTube Partner program). Jika anda saat ini sudah mempunyai akun Google Adsense maka berikut ini adalah panduan mengenai cara menggabungkan program monetisasi YouTube dengan program Google Adsense.

Pertama, login/sign in ke akun YouTube anda, klik tanda panah di samping foto profil anda dan klik "Video Manager". Akan muncul tampilan menu di sebelah kiri yaitu Dashboard, Video Manager, Channel Setting dan lain-lain

Kedua, klik "Channel Setting" kemudian klik "Monetization", maka akan tampil "Monetization". Yang perlu dicermati, pastikan account status "enabled/aktif", jika belum silahkan aktifkan terlebih dahulu. Setelah dipastikan akun anda aktif (enabled) klik " How will I be Paid?"

Ketiga, klik "associate an AdSense account", anda akan dihubungkan dengan akun Google AdSense, selanjutnya klik "Next" Anda akan melewati 3 step.
  • Step pertama pilih akun Google anda. Jika anda telah mempunyai akun Google silahkan pilih Yes jika belum pilih No. Anda akan diberi dua opsi untuk menghubungkan akun YouTube ke akun Google AdSense anda, yaitu: Anda dapat memilih opsi 1 jika anda telah memiliki akun Google AdSense. Jika akun youtube anda berbeda alamat email dengan akun Google AdSense maka anda bisa menghubungkan email yang berbeda itu dengan akun AdSense anda dengan catatan anda sudah menambahkan user baru di akun AdSense tersebut. 
  • Opsi 2 adalah pilihan jika anda belum mempunyai akun Google AdSense. Pada opsi ini anda dapat membuat akun Google AdSense baru. Ok, anggap saja anda sudah memiliki akun Google AdSense, pilih opsi 1 maka  klik "Ya Lanjutkan Masuk Akun Google". Anda akan diminta untuk login ke akun Google AdSense".
  • Step 2, Akan ada notifikasi "Beritahu kami tentang konten anda". Harap anda baca dengan cermat, jika semua tidak ada yang meragukan dan anda telah yakin silahkan klik tombol biru "Setujui Pengaitan", maka anda akan dialihkan lagi ke akun youtube anda.
Jika Langkah 2 telah dilakukan dengan benar, maka akan muncul halaman Monetization seperti pada laman awal dengan tambahan terdapat AdSense Association yang telah di approve. Untuk memastikan kebenaran tertautnya/terhubungnya akun Google AdSense dengan program monetisasi YouTube silahkan klik "Review or change AdSense Association"

Jika akun YouTube anda sudah benar-benar terhubung ke akun Google AdSense, maka penghasilan anda dari YouTube akan dibayarkan ke akun Google AdSense anda. Anda dapat melihat penghasilan YouTube di akun YouTube anda dengan cara melihat di menu Analytic yang ada di YouTube.

Nah mungkin itu saja tutorial saya kali ini tentang cara mendapatkan uang dari adsense youtube. Jika sudah paham maka silahkan langsung saja praktikan dan jika ada yang ingin ditanyakan, maka silahkan berikan komentar anda di kolom komentar yang sudah disediakan. Semoga bermanfaat.

0 komentar: